Motor Sobat lesu? Berikut 5 cara untuk meningkatkan performa motor!

Performa yang terdapat di dalam motor biasanya bergantung kepada beberapa faktor, tapi ada juga yang stress karena performa motornya semakin berkurang. Biasanya kalau motor yang dilakukan servis rutin, pergantian oli rutin, dan perbaikan motor yang baik dapat mempertahankan performa yang ada di dalam motor itu.

Tapi, kadang ada yang ngga begitu puas dengan performa motor yang dimilikinya. hayoo, bener ga nih Sob? hehe. kadang ada yang mencari cara agar dapat meningkatkan performa motornya biar lebih kentjang gitu ya Sob dari saingannya hehehe.. Nah, ini ada 5 cara yang cukup aman untuk meningkatkan performa motormu, Sob! Nah Tips dan Trik ini diberitahu oleh website otomotif India, maxabout.com.

Penasaran bagaimana caranya? Check it out!

1. Kurangi beban yang ada di dalam motormu, Sob!

Sumber : pinterest.com

Nah, ini yang harus diperhatikan kalau mau meningkatkan performa motormu, Sob! “Berat” yang harus ditanggung oleh motor ini sangat berpengaruh lho, baik itu berat badan Rider, atau berat hasil modifan motor, mungkin seperti mengganti velg yang lebih lebar, atau ban yang lebih lebar, Box motor yang cukup banyak bawaannya, itu semua berpengaruh banget, Sob!

Berat ini masih belum tentu membuat motor agan jadi lebih enak dibawa ke jalan lho. Kalau boleh saran nih, untuk Rider yang berat boleh dicoba mengurangi berat badannya ya seperti mulai melakukan olahraga gitu hehehe.. lalu kalau bisa mungkin knalpot bawaan yang berat bisa diganti dengan yang lebih ringan, seperti contohnya mengganti knalpot racing. mengganti knalpot saja kadang dapat meringankan sekitar 1-2 kilogram, bahkan lebih.

dan kalau Sobat *maaf nih sebelumnya* Jones alias Jomblo Ngenes, bisa dicopot footstep belakangnya dan joknya dipakai single seater, sudah termasuk lumayan meringankan berat motornya kok, Sob! hehehe..

Jangan marah soal Jonesnya ya, Sob. saya juga Jones soalnya huhuhuhu 😦

2. Filter Udara (Air Filter)

pc-kn-filter
Sumber : maxabout.com

Filter Udara dengan spek balap juga dapat meningkatkan performa motor lho, Sob. Bedanya dengan Filter Udara yang standart adalah perbedaan rongga yang ada di dalam filternya, biasanya yang menggunakan Filter Udara Aftermartket, mikronnya lebih besar dibanding dengan standart sehingga ruang semakin lega dan performa otomatis meningkat *cmiiw.

Filter Udara Aftermartket dapat dicari di bengkel motor dengan harga yang sedikit lebih mahal dari pada Filter Udara Standart. Ferrox dan K&N adalah Filter Udara yang saya rekomendasikan, Sob!

3. Remapping ECU (Untuk pengguna motor injeksi) / Menyetel Karburator (Untuk pengguna motor Karburator)

36c5544b35fc1e4c2f3ec3348f0ea864_f1668
Sumber : maxabout.com

Biasanya untuk pengguna motor karburator lebih gampang dilakukan penyetelan dibanding dengan pengguna motor injeksi. karena karburator lebih gampang di setel dan banyak juga yang menjual karburator aftermarket. apalagi jika digabung dengan filter udara aftermarket dan knalpot racing. the best part deh pokoknya!

Sedangkan untuk motor injeksi harus dilakukan penyetelan secara elektronik, biasanya pada umumnya di setel melalui perangkat elektronik (Laptop, Smartphone, PC). Dan biayanya sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan penyetelan karburator. Tapi kalau demi performa siapa yang ga mau sih? iya ga, Sob?

4. Knalpot Racing

Akrapovic BMW S 1000 RR S-B10E1-RC-1
Sumber : maxabout.com

Nah ini yang paling umum dan part yang paling sering diganti oleh kalangan Rider. Knalpot Racing! ini yang sudah cukup terbukti agar performa motor dapat meningkat. Tapi harus knalpot racing yang bagus dan sudah terjamin ya, jangan sampai membeli yang abal-abal, karena malah ada juga yang mengurangi performa motor.

Walaupun mengganti knalpot racing, tetap harus peduli terhadap masyarakat umum ya, Sob! karena ga semua suka mendengar knalpot racing, tau lah karena apa kan, Sob. Berisik. hehehe.. jadi harus disesuaikan dengan kondisi masyarakat sekitar juga ya Sob.

5. Gearing (Setelan Rantai)

2000000275
Sumber : maxabout.com

Nah, ini yang mungkin beberapa Rider masih ada yang belum tahu kalau menyetel Rantai motor saja bisa dapat meningkatkan performa motor lho! Kalau Sobat dapat menyetel Sprocket depan dan belakang dengan kombinasi yang tepat, ini jelas dapat meningkatkan performa motor dibanding dengan setelan standar.

Sprocket belakang yang dibuat lebih besar dan sprocket depan yang dibuat lebih kecil dapat meningkatkan akselerasi namun dapat menurunkan top speed (puncak kecepatan).

Begitu juga sebalikna, sprocket belakang yang dibuat lebih kecil dan sprocket depan yang dibuat lebih besar dapat meningkatkan top speed (puncak kecepatan) namun dapat mengurangi akselerasi. jadi semua ini bergantung sama performa motor yang Sobat inginkan ya!

Nah, ini 5 tips dan trik dari maxabout.com yang dapat meningkatkan performa motor. atau mungkin Sobat ada cara lain yang dapat meningkatkan performa motor? Monggo comment di bawah ini ya! sekalian sharing 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s